" SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA TAHUN 2024 "

Sabtu, 11 Agustus 2018

KOMITMEN SMP NEGERI 2 SUKAGUMIWANG

 I.       KOMITMEN SMP NEGERI 2 SUKAGUMIWANG
SMP NEGERI 2 SUKAGUMIWANG PROGRESIF
“INOVATIF DALAM  PRETASI PENDIDIKAN”
1.  PENAFSIRAN
SMP Negeri 2 Sukagumiwang sebagai lembaga yang utuh dan bulat yang di dalamnya, terdiri dari bagian- bagian yang saling berkaitan sebagai satu kesatuan,yaitu :
a.      Empat unsur warga sekolah : (1) Kepala Sekolah; (2) Guru; (3) Siswa; dan (4) Tenaga kependidikan
b.      Lima Unsur Wawasan Wiyata Mandala : (1) Sekolah merupakan lingkungan pendidikan; (2) Wewenang dan tanggung   jawab   penuh    kepala       sekolah; (3)  Hubungan kerja sama antara guru dan orang tua siswa; (4) sikap warga sekolah terhadap martabat dan citra guru; (5) Sekolah harus bertumpu pada masyarakat sekitarnya
c.      Tujuh unsur administrasi sekolah : (1) Administrasi kurikulum; (2) Kesiswaan; (3) ketenagaan; (4) Sarana; (5) Keuangan; (6) Persuratan dan kearsipan; (7)peran serta masyakat.
Secara institusi semuanyaterikat untuk melaksanakjan kontrak yaitu peningkatan  mutu pendidikan dengan program religius inovatif atau SMP NEGERI 2 SUKAGUMIWANG PROGRESIF

2.  INDIKATOR
a.      SMP Negeri 2 Sukagumiwang berperan untuk mencerdaskan kehiduipan bangsa dan menumbuhkembangkan nilai-nilai budaya mencakup etika, logika, estetika dan praktika
b.      Tercapainya tujuan pendidikan yaitu KBM kurikuler dan ekstrakurikuler yang efektif,administrasi sekolah terlaksana dengan baik, tertib serta rapih dan terwujudnya sekolah yang bersih, aman, tertib, indah, rindang serta nyaman
c.      Sekolah memiliki makna sebagai tempat PBM, masyarakat belajar, dan proses pembudayaan kehidupan yang bebas ancaman

II.       MOTO JUANG : PROGRESIF(PROGRAM RELIGIUS INOVATIF)
Berarti Program Peningkatan Mutu SMP Negeri 2 Sukagumiwang Berdasarkan Nilai Religius Yang Berkembang Secara Inovatif dalam mewujudkan peserta didik Cerdas dan Kompetitif

1.    PENAFSIRAN
Adalah suatu tempat yaitu SMP Negeri 2 Sukagumiwang yang insyaallah selalu eksismemperjuangkan prestasi pendidikan didalamsistem sekolah dengan program-program inovatif yang yang berlandaskan politik, hukum,etika dan agama
Semboyan Progresif bermakna pendidikan pada SMP Negeri 2 Sukagumiwang berkontribusi terhadap perkembangan dunia dan berprinsip maju terus pantang mundur berdasarkan kebaikan Allah SWT

2.    INDIKATOR
a.      SMP Negeri 2 Sukagumiwang memiliki dokumen/buku program jangka panjang, menengah dan pendek yaitu  dokumen Visi Misi, Renstra 10 Tahun, Renstra 4 Tahun (RPS),  RENOP, KAS, Kurikulum, UTS, UAS1, Bimbel, UN/US, UAS 2, PPDB, Kinerja terbaik dan Supnomev
b.      Unit sekolah yang mengelola fungsi tertentu dan memiliki buku program yaitu Perpustakaan, Laboratorium IPA, Laboratorium Bahasa, OSIS, BK, koperasi, PASKIBRA, PRAMUKA, UKS/PMR, DKM/sosial, Kesenian/MB, OR, Wakasek Kuriulum/Sarpras/Kesiswaan/Humas dan Wali Kelas
c.      Setiap personal guru dan staf administrasi memiliki buku program kerjanya,dalam rangka mewujudkan ketenagaan yang profesional dan bermartabat
III.       VISI : TERCAPAINYA PRESTASI SISWA SMP NEGERI 2 SUKAGUMIWANG BERPRESTASI AMAT BAIK MELALUI PROSES PEMBELAJARAN PROGRESIF

1.    PENAFSIRAN
Adalah suatu lembaga pendidikan jalur formal jalur pendidikan dasar yang diselenggaran dengan sistem terbuka melalui tatap muka secara klasikal atau individual. Proses pembelajaran multidimensi dengan paradigma kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan hingga tercapainya tujuan hasil prestasi dasar kecerdasan , pengetahuan kepribadian, akhlak mulia, keterampilan hidup mandiri, dan pendidikan lebih lanjut minimal 85,0

2.    INDIKATOR
a.      Semua warga SMP Negeri 2 Sukagumiwang melakukan kerja  sesuai fungsi dan tanggung jawabnya melalui mekanisme kerja, alur kerja dan kerja sama terpadu.
Integritas setiap warga sekolah berproduktifitas di dalam berkomunikasi, berinteraksi, berkreativitas dan berkultur budaya sekolah hingga teraihnya prestasi.
b.      Tercapainya nilai KKM setiap mata pelajaran 85,0 (delapan puluh lima) oleh siswa.
c.      Warga sekolah melaksanakan pelayanan publiknya kepada pelanggan primer (siswa), sekunder (pemerintah), dan tersier (masyarakat).
1.     Tim manajemen Bos melaksanakan KAS SMP Negeri 2 Sukagumiwang.
2.     Pendidik meksanakan peraturan penilaian hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Sukagumiwang
3.     Guru dan TU melaksanakan peraturan Guru dan TU SMP Negeri 2 Sukagumiwang
4.     Tim Progresif melaksakan tugas pengembangan SMP Negeri 2 Sukagumiwang
5.     Rasio ketenagaan dan siswa dengan perbandingan 1 guru/20 siswa; 1 Tu/75 siswa; 1 pesuruh/150 siswa
6.     Memiliki struktur organisasi sekolah komprehensif, baik makro maupun mikro
7.     Pelaksanaan pembelajaran  satu ship (32x40 Menit)
8.     Setiap warga sekolah melaksanakan kode etik SMP Negeri 2 Sukagumiwang
9.     Melaksanakan pelayanan publik wajib dalam 37,5 jam kerja
10.  Pelayanan publik tambahan adalah kegiatan sekolah diluar jam wajib kerja yang diatur dengan kebijakan internal SMP Negeri 2 Sukagumiwang

IV.       MISI : SAPTA KARYA INOVATIF
1.      MISI KESATU: MEMBANGUN KULTUR BUDAYA SEKOLAH BERKARAKTER RELIGIUS

Dilaksakan dengan program :
a.     Memfasilitasi tumbuhnya kepribadian warga SMP Negeri 2 Sukagumiwang yang jujur, ulet, energik, sopan, santun, ramah, partisipatif, ceria dan semangat
b.     Membudayakan kehidupan sekolah dengan komnikasi interaktif yang bernuansa kasih sayang, cinta damai, berakhlak mulia/penolong, pemaaf, malu berbuat pekat, mendoakan baik, penyebar salam, etis dan demokratis
c.      Melaksakan baca Qur’an dan berdo’a sebelum belajar, shalat dhuhur berjama’ah, majlis ta’lim jum’at dan sabtu, jum’at duha, sabtu bersih dan infaq shadaqoh di sekolah

2.                                         MISI KEDUA : MENERAPKAN REGULASI SEKOLAH SESUAI DENGAN AZAS HUKUM, POLITIK DAN SOSIAL ETIK

Dilaksanakan dengan program :
a.     Menetapkan pembagian tugas pokok dan tugas tambahan bagi setiap pegawai SMP Negeri 2 Sukagumiwang
b.     Mengesahkan dokumen sekolah berupa komitmen SMP Negeri 2 Sukagumiwang, motto juang, visi, misi, strategi dan tujuan SMP Negeri 2 Sukagumiwang serta penjelasannya
c.     Menertibkan peraturan- peraturan sekolah :
1)     Tata tertib guru dan Staf Administrasi
2)     Tata tertib siswa
3)     Tata tertib penggunaan fasilitas sekolah
4)     Peraturan Akademik
5)     Peraturan Guru dan TU SMP Negeri 2 Sukagumiwang
6)     Perturan Kinerja terbaik I, II dan III waga sekolah
7)     Perturan Mutasi, rotasi dan promosi
8)     Kebijakan internal tentang konvensi dan ekuivalensi beban jam kerja tambahan (JTM) serta penghasilannya

3.      MISI KETIGA : MENGEMBANGKAN KEBUTUHAN SARANA PRASARANA SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
              
               Dilaksanakan dengan program :
a.      Memiliki ruang dengan luas minimal baku :
1)     Ruang belajar teori/kelas, Perpustakaan, Laboratorium IPA, Laboratorium Bahasa, Laboratorium komputer/TIK, kesenian, keterampilan, sebaguna dan MGMP.
2)     Ruang kantor : Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, Tata Usaha dan Tamu.
3)     Ruang penunjang gudang, reproduksi, KM/WC guru/TU, KM/WC siswa, BK, UKS, PMR/PRAMUKA, OSIS. PASKIBRA,Ibadah/masjid, Ganti, koperasi, kantin, hall, parkir kendaraan, pos jaga, rumah penjaga dan teras/selasar
b.      Memiliki rasio kebutuhan sarana pendidikan :
1)     1 buku setiap MP    : 1 Siswa
2)     1 Ruang Belajar      : 36 Siswa (18 Meja, 36 Kursi)
3)     1 Komputer               : 5 Siswa; 5 pegawai
4)     1 Laboratorium IPA : Alat Laboratorium lengkap
5)     Instalasi daya listrik dan air bersih cukup
c.       Memiliki sarana sekolah :
1)     Luas tanah milik sekolah              :      ≥  10.000 m2
2)     Luas lapangan upacara                :      ≥  600 m2
3)     Luas lapangan olah raga              :      ≥  800 m2
4)     Taman bermain/istirahat                :      ≥  2x200 m2
5)     Kebun lingkungan praktek (SBL)       :          ≥  400 m2

4.      MISI KEEMPAT : MEMFASILITASI INTEGRITAS PERSONAL DIDALAM SITEM SEKOLAH YANG INFORMATIF
              

               Dilaksanakan dengan program :
a.     Melaksanakan rapat kerja rutin bulanan tentang bidang akademik dan non akademik untuk penyesuaian sistem sekolah terpadu yang berhubungan  dengan Job Description dan pelayanan kerja. Penguatan gairah kerja hasil dari penyesuaian persepsi bersama dengan memperhatikan faktor transparansi, aspiratif, partisipatif dan akuntabel
b.     Melaksanakan kerangka sistem persaingan sehat antar personal, dengan saling mengobservasi, mengkonsolidasi dan mengprestasi terbaik untuk mencapai pelayanan publik optimal dan kepuasan bagi pelanggan primer, sekunder dan tersier
c.      Membangun komitmen bersama berdasarkan Visi dan misi SMP Negeri 2 Sukagumiwang untuk memperkuat daya profesionalisme, kondusifisme  dan sinergisme dalam  pemecahan masalah persoalan konteks, input, proses, output dan outcome sekolah

5.      MISI KELIMA : MENINGKATKAN KUALITAS PERSONAL YANG RELIGIUS, MAJU, MANDIRI DAN SEJAHTERA

Dilaksanakan dengan program :
a.  Pemberian penghargaan kepada setiap warga sekolah yang berprestasi terbaik berupa ucapan selamat, piagam/sertifikat, surat keputusan, promosi jabatan/pangkat berdasarkan peraturan yang berlaku
b.  Membuka peluang berupaizin dan fasilitas kepada setiap pegawai untuk meningkatkan produktivitasnya, integritasnya, pelatihan, seminar, MGMP, majelis profesi dan baca buku ilmiah
c.   Lomba karya tulis ilmiah berupa makalah, karya tulis, PTK, penelitian dan buku pelajaran bagi semua warga sekolah yang berpikir ilmiah dalam sikap ilmiah, proses ilmiah dan produk ilmiah

6.      MISI KEENAM : MENINGKATKAN PROSES OPERASIONAL DAN KURIKULUM SEKOLAH SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN

              Dilaksanakan dengan program :
a.  Mengesahkan Kas SMP Negeri 2 Sukagumiwang
b.  Mengesahkan RENOP SMP Negeri 2 Sukagumiwang
c.   Mengesahkan Kurikulum SMP Negeri 2 Sukagumiwang

7.      MISI KETUJUH : MENSOSIALISASIKAN PRESTASI HASIL PENDIDIKAN MENJADI MILIK PUBLIK

              Dilaksanakan dengan program :
a.  Mensosialisasikan melalui pertemuan rapat silaturahim dengan pihak orang tua siswa, laporan dinas dan pengumuman sekolah tentang keberhasilan naik/lulus dan melanjutkan 100%
b.  Mengembangkan Imaji pada setiap personal bahwa dengan prestasi baik yang diraihnya maka menjadi otomatis berstatus sebagai manusia mandiri,manusia bernialai ekonomi tinggi dan manusia sejahtera serta diakui dan menjadi milik publik
c.   Midset seseorang tentang prestasi hasil pendidikan memiliki ranah prestasi tingkat sekolah, tingkat kelas, masyarakat luas dan pribadi setiap orang yang pada muaranya adalah prestasi dari yang Maha Kuasa sampai dengan sejahtera akherat

V.       STRATEGI : PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN PENGEVALUASIAN

     Penjelasannya :
1.      Pengertian strategi adalah :
a.     suatu urutan langkah-langkah prosedural yang dapat dipakai untuk mencapai hasil yang diinginkan oleh visi SMP Negeri 2 Sukagumiwang
b.     sebagai pola dan tata urutan perilaku warga sekolah yang direncanakan untuk mengakomodasikan semua variabel unsur-unsur sekolah yang dianggap penting dilakukan secara sadar dan sitematis
c.      perencanaan pendidikan progresivitas tentang bagaimana inovatif akan dikembangkan mencakupprogram, pelaksaan dan evaluasinya

2.      Perencanaan adalah proses yang sitematis digunakan untuk mengembangkan program-program SMP Negeri 2 Sukagumiwang progresif. Perencaan progresivitas memproyeksikan kebijakan (arah tindakan yang diputuskan oleh pimpinan tertinggi,dalamsistem sekolah pemimpin adalah kepala sekolah atas nama visi misi sekolah ) dan kegiatannya (rincian langkah- langkah  operasional berupa aktivitas kerja); program adalah instrumen kebijakan yang berisi satu atau lebih kegiatan untuk mencapai tujuan
3.      Pelaksanaan adalah kegiatan warga sekolah dalam mengelola pendidikan progresivitas untuk mewujudkan program(visi,misi) yang telah direncanakan dalam program perencanaan
4.      Pengevaluasian adalah usaha untukmengukur atau memberikan penghargaan atas kemampuan real seseorang warga sekolah inklusif kemampuan nyata sestem sekolah/organisasi. kemampaun yang benar-benar menggambarkan tingkatan hasil yang diperoleh setelah pelaksanaan program dibandingkan dengan tolak ukur target pencapaian tujuan yang terprogram dalam perencanaannya.

VI.       TUJUAN  : TUJUAN UMUM DAN TUJUAN KHUSUS

       Penjelasannya :
1.    Tujuan merupakan keadaan ideal yang diinginkan pada akhir periode tertentu yang direncanakan dan telah dirumuskan pada visi SMP Negeri 2 Sukagumiwang, insyaallah
2.    Tujuan umum merupakan hasil tindakan(upaya-upaya) dalam garis besar (makro).  Tindakan sebagai tujuan umum merupakan manifestasi dari program perencanaan  umum yang berawal dari rumusan-rumusan umum pada misi SMP Negeri 2 Sukagumiwang
3.    Tujuan khusus merupakan hasil upaya-upaya  yang lebih spesifik dari program perencanaan pada strategi yang berawal dari rumusan-rumusan dengan mengalami penguraian- penguraian substantif misi SMP Negeri 2 Sukagumiwang

Uraian tambahan penjelasan tujuan khusus yang detil akan diterbitkan surat edaran kebijakannya.

PROFIL SEKOLAH 2018-2019

LATAR BELAKANG


SMP Negeri 2 Sukagumiwang merupakan sekolah representative dan tertata apik didalam lingkungan Pondok Pesantren Cadangpinggan. SMP yang pernah menduduki peringkat 1 kinerja tingkat kabupaten indramayu ini tidak jauh dari By Pass Cadangpinggan Km 37 Sukagumiwang Indramayu sehingga mudah dijangkau.

Sekolah yang banyak prestasi ini bermula bernama SMP Negeri 3 Kertasemaya, dengan Pemekaran pada Mei Tahun 2005, akhirnya berganti nama menjadi SMP Negeri 2 Sukagumiwang dengan Visi “Progresif”.



SMP yang sudah berpengalaman dan terakreditasi A ini berdiri sejak 27 Oktober 1999


MOTO JUANG, VISI,MISI, STRATEGI DAN TUJUAN
SMP NEGERI 2 SUKAGUMIWANG KABUPATEN INDRAMAYU

MOTO JUANG
PROGRESIF ( PROGRAM RELIGIUS INOVATIF ):
Berarti Program Peningkatan Mutu SMP Negeri 2 Sukagumiwang Berdasarkan Nilai Religius,Yang Berkembang Secara Inovatif Dalam Mewujudkan Peserta Didik Cerdas Dan Kompetitif.

VISI
TERCAPAINYA PRESTASI SISWA SMP NEGERI 2 SUKAGUMIWANG BERKOMPETENSI AMAT BAIK MELALUI PROSES PEMBELAJARAN “PROGRESIF”.

MISI
(SAPTA KARYA INOVATIF)
1)   Membangun Kultur Budaya Sekolah Berkarakter Religius
2)   Menetapkan Regulasi Sekolah Sesuai Dengan Azas Hukum, Politik Dan Sosial Etik.
3)   Mengembangkan Kebutuhan Sarana Prasaran Sekolahberstandar Nasional.
4)   Memfasilitasi Integritas Personal Di dalam Sistem Sekolah Yang Informatif
5)   Meningkatkan Kualitas Personal Yang Religius, Maju, Mandiri Dan Sejahtera
6)   Meningkatkan Proses Operasional dan Kurikulum Sekolah Secara Efektif dan Efisien.
7)   Mensosialisasikan Prestasi Hasil Pendidikan Menjadi Milik Publik

STRATEGI
  1. PERENCANAAN
a.         Menyusun hasil Analis SWOT fungsi-fungsi Sistem SMP Negeri 2 Sukagumiwang
b.         Menetapkan target periodik prestasi sekolah
c.         Mengesahkan regulasi penjaminan mutu edukatif dan administratif sekolah
d.         Menyusun program visioner inovatif pendidikan yang religius
e.         Menyusun Skudel SUPMONEV Personal Untuk Mencapai Motivasi Kerja Optimal



  1. PELAKSANAAN
a.       Menemukan data permasalahan substansi kekuatan, peluang,hambatan dan ancaman sekolah berstandar nasional
b.         Melaksanakan proses, arah tindakan dan langkah-langkah operasional kerja
c.         Menata, merawat, memodernisasi dan menambah kebutuhan sarana prasarana sekolah
d.         Menerapkan profesionalisme  pelayanan publik dengan integritas pribadi mapan
e.         Mengefektifkan serta mengefisiensikan dana, waktu dan daya yang telah di siapkan

  1. PENGEVALUASIAN
a.       Tingkat ketercapaian program-program renstra, renop dan kurikuluim sekolah
b.       Standarisasi  kesejahteraan dan penghasilan sesuai dengan beban kerja tambahan
c.      Merevisi regulasi-regulasi sekolah kearah fungsi pengendalian manajerial dan operatif secara lebih terukur serta terkontrol
d.         Mengubah kegiatan prioritas  sekolah sesuai dengan realitas anggaran tahun berjalan
e.         Mengevaluasi  tingkat pencapaian kompetensi hasil pembelajaran

TUJUAN
1.  UMUM
a.        Mewujudkan komitmen SMP Negeri 2 Sukagumiwang berprestasi maju dengan sistem dan kultur yang berdasarkan hukum,sosialetik dan religius
b.         Menciptakan sekolah bercitra disiplin bersikap anti PEKAT, berspirit belajar dan rasa bahagia
c.         Menumbuhkan produktifitas dan integritas personal di dalam komitmen organisasi
d.      Memiliki sarana prasarana pendidikan yang baik,modern dan cukup
e.         Memeiliki tenaga Guru, Staf TU dan penjaga yang kompeten dan berdaya saing tinggi

2.  KHUSUS
a.      Tercapainya angka KKM semua mata pelajaran oleh setiap siswa minimal 85 ( delapan puluh lima )
b.     Tercapainya tingkat kehadiran  individu dalam pembelajaran efektif minimal 98% ( sembilan puluh delapan persen )
c.      Tercapainya kondisi kesiapan fungsi-fungsi sekolah berstandar nasional pendidikan
d.      Tercapainya proses pembelajaran multidimensi, bermakna dan berbasis kompetensi
e.      Tercapainya angka kenaikan kelas, kelulusan dan melanjutkan 100% (seratus persen)

Minggu, 28 Januari 2018

Cara Lapor Bos Online

Informasi yang akan saya bagikan berikut adalah Cara Lapor Bos Online Tahun 2017, yang mana ini merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap bendahara sekolah dalam mempertanggung jawabkan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah.

Lalu, bagaimana Cara Lapor Bos Online Tahun 2017?

Langkah-langkah melakukan pelaporan penggunaan dana BOS secara online adalah sebagai berikut :

Pertama, buka situs resmi http://bos.kemdikbud.go.id http://bos.kemdikbud.go.id atau klik di sini.

Kemudian klik login seperti tampilan gambar di atas. Kolom pertama silakan pilih jenjang sesuai sekolah (SD/SMP/SMA/SMK). Kolom kedua isi dengan username sekolah (Email Dapodik) Kolom ketiga isi dengan password dapodik. Jika sudah klik tombol login.

Kemudian pilih tahun dan triwulan yang akan dilaporkan.  Kemudiam klik tambahSetelah muncul tampilan di atas, pilih tahun dan triwulan pelaporan. Kemudian isi kolom penerimaan dana sesuai jumlah dana BOS yang di dapat. Selanjutnya, isi komponen penggunaan dana sesuai penggunaan dana di sekolah masing-masing.

Jika sudah di isi dengan benar, maka pada kolom sisa dana akan otomatis menjadi 0 (nol). Kemudian klik tombol prosesJika sudah seperti ini, artinya pelaporan online penggunaan dana BOS sudah berhasil.

    Lalu, bagaimana cara mencetak laporannya?

    Untuk mencetak laporan, terlebih dahulu anda harus meng-klik tombol logoutMaka anda akan kembali ke dasboard awal, pilih masuk websiteKemudian klik Penggunaan Dana per KomponenPilih jenjangProvinsi, Kabupaten/Kota, Status, Sekolah, dan Tahun.  Kemudian klik submit, maka tabel seperti gambar di atas akan terisi secara otomatis.

    Langkah terakhir adalah klik Export ExcelMaka laporan BOS online anda akan terunduh secara otomatis.


    Mudah bukan? Demikian Cara Lapor Bos Online Tahun 2017, semoga bermanfaat.






    Minggu, 12 November 2017

    PANGKAT, GOLONGAN RUANG, JABATAN FUNGSIONAL

    PANGKAT, GOLONGAN RUANG, JABATAN FUNGSIONAL GURU, ESELON DAN JENJANG PANGKAT JABATAN STRUKTURAL PEGAWAI NEGERI SIPIL















    Sumber Gambar : https://www.slideshare.net/def1t/sosialisasi-jabatan-fungsional-perencana

    PANGKAT, GOLONGAN RUANG, JABATAN FUNGSIONAL GURU, ESELON DAN JENJANG PANGKAT JABATAN STRUKTURAL PEGAWAI NEGERI SIPIL

    I.      PANGKAT GOLONGAN RUANG  Berdasarkan  PP Nomor 99 Tahun 2000 
    NoPANGKATGOLONGANRUANG
    1Juru MudaIa
    2Juru Muda Tingkat IIb
    3JuruIc
    4Juru Tingkat IId
    5Pengatur MudaIIa
    6Pengatur Muda Tingkat IIIb
    7PengaturIIc
    8Pengatur Tingkat IIId
    9Penata MudaIIIa
    10Penata Muda Tingkat IIIIb
    11PenataIIIc
    12Penata Tingkat IIIId
    13PembinaIVa
    14Pembina Tingkat IIVb
    15Pembina Utama MudaIVc
    16Pembina Utama MadyaIVd
    17Pembina Utama IVe



    II.      ESELON DAN JENJANG PANGKAT JABATAN STRUKTURAL Berdasarkan PP Nomor 100 Tahun 2000
     
    NO ESELON JENJANG PANGKAT, GOLONGAN / RUANG
       T  ERENDAH TERTINGGI
         PANGKAT GOL/RUANG PANGKAT GOL/RUANG
    1 I a Pembina Utama Madya IV/d Pembina Utama IV/e
    2 I b Pembina Utama Muda IV/c Pembina Utama IV/e
    3 II a Pembina Utama Muda IV/c Pembina Utama Madya IV/d
    4 II b Pembina Tingkat I IV/b Pembina Utama Muda IV/c
    5 III a Pembina IV/a Pembina Tingkat I IV/b
    6 III b Penata Tingkat I III/d Pembina IV/a
    7 IV a Penata III/c Penata Tingkat I III/d
    8 IV b Penata Muda Tingkat I III/b Penata III/c
    III.     JENJANG PANGKAT DAN JABATAN FUNGSIONAL GURU Berdasarkan Permenag PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 
              
    No                PANGKAT, GOLONGAN / RUANG
    PANGKAT GOL/RUANG JABATAN FUNGSIONAL Guru
    1 Penata Muda  III/a Guru Pertama
    2 Penata Muda Tingkat I III/b Guru Pertama
    3 Penata III/c Guru Muda
    4 Penata Tingkat I III/d Guru Muda
    5 Pembina IV/a Guru Madya
    6 Pembina Tingkat I IV/b Guru Madya
    7 Pembina Utama Muda IV/c Guru Madya
    8 Pembina Utama Madya IV/d Guru Utama
    9 Pembina Utama IV/e Guru Utama