" SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA TAHUN 2024 "

Minggu, 06 Januari 2019

Contoh Program Kerja Kepala Sekolah

Agar pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, sekolah dapat terselenggara dengan baik dan mencapai hasil yang  optimal, maka diperlukan program kerja kepala sekolah yang  sistematis berdasar  kondisi obyektif sekolah dan mengacu pada konsep kemandirian sekolah yang memiliki peran strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah.

Penerapan standar nasional pendidikan merupakan serangkaian proses untuk memenuhi tuntutan mutu pendidikan nasional. Pelaksanaannya diatur secara bertahap, terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global. Dalam proses pemenuhan standar tersebut diperlukan sejumlah indikator pencapaian untuk mempermudah dalam melaksanakan kegiatan pendidikan. Dan kegiatan operasional pendidikan berada di tingkat satuan pendidikan (sekolah) dalam upaya menghasilkan lulusan yang bermutu.

Download Program Kerja Kepala Sekolah
Program Kerja Kepala Sekolah

Program Kerja Kepala Sekolah

Kepala sekolah sebagai pemimpin harus mampu: 
  1. Mendorong timbulnya kemauan yang kuat dengan penuh semangat dan percaya diri kepada para guru, staf dan peserta didik dalam melaksanakan tugasnya masing-masing; 
  2. Memberikan bimbingan dan mengarahkan para guru, staf dan para peserta didik, serta memberikan dorongan, memacu dan berdiri di depan demi kemajuan dan memberikan inspirasi dalam mencapai tujuan.
Untuk dapat melaksanakan fungsinya tersebut, maka penyusunan program kerja kepala sekolah diharapkan : 
  1. Memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan di sekolahnya; 
  2. Memiliki strategi yang tepat untuk memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan melalui kerja sama atau kooperatif, memberi kesempatan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kemampuan profesinya, dan mendorong keterlibatan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan dalam berbagai kegiatan yang menunjang tujuan sekolah; 
  3. Memiliki hubungan sangat erat dengan berbagai pihak yang terkait dengan upaya peningkatan mutu sekolah dan mendukung keterlaksanaan seluruh program sekolah dan produktivitas sekolah; 
  4. Melakukan pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga pendidikan; 
  5. Mampu memberikan petunjuk dan pengarahan, meningkatkan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan, membuka komunikasi dua arah, dan mendelegasikan tugas secara proporsional; 
  6. Memiliki strategi yang tepat untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan lingkungan, mencari gagasan baru, mengintegrasikan setiap kegiatan, memberikan teladan kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah, dan mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif; 
  7. Memiliki strategi yang tepat untuk memberikan motivasi kepada para pendidik dan tenaga kependidikan dalam melakukan berbagai tugas dan fungsinya; dan 
  8. Menjadi figur teladan yang dapat dijadikan contoh dan teladan bagi pendidik dan tenaga kependidikan maupun peserta didik; 

Tujuan program kerja kepala sekolah

Tujuan utama penyusunan program kerja kepala sekolah tersebut antara lain :
  1. Memberikan panduan/acuan bagi kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya; 
  2. Mempermudah kepala sekolah dalam mempersiapkan pembinaan dan penilaian yang dilakukan oleh pengawas sekolah dan dinas pendidikan;
  3. Meningkatkan kinerja kependidikan sehingga nantinya memperoleh hasil pendidikan dan pengajaran yang optimal;
  4. Meningkatkan kinerja administrasi untuk menghasilkan administrasi sekolah yang efektif dan efisien sesuai ketentuan yang berlaku;
  5. Memberikan landasan dan arah yang jelas bagi pengelola pendidikan sehingga dapat menjadi pedoman kerja;
  6. Memberi landasan bagi penyusunan program kerja tahun berikutnya Situasi dan kondisi yang kondusif sangat diperlukan dalam pelaksanan program kerja ini, kerja sama  yang harmonis antar komponen sekolah dan  efisiensi kerja masing-masing tetap diperlukan guna mencapai keberhasilan.
Download Program Kerja Kepala Sekolah
Program Kerja Kepala Sekolah
Penyusunan program kerja kepala sekolah ini meliputi identifikasi tugas pokok dan fungsi kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah; peningkatan mutu sekolah berdasarkan penerapan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP); pengembangan kepemimpinan kepala sekolah, pengembangan pendidikan karakter, dan pengembangan kewirausahaan; serta pelaksanaan pengawasan pembelajaran melalui supervisi akademik dan peningkatan profesionalitas kepala sekolah.

Petunjuk teknis program kerja kepala sekolah

Program Kerja Kepala Sekolah ini merupakan upaya untuk memberikan petunjuk teknis dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi tugas dan fungsinya sebagai kepala sekolah secara sistematis, dan terarah. Dalam Program Kerja ini, memuat petunjuk teknis secara prosedural, rambu-rambu, dan contoh dalam pelaksanaan tugasnya secara terstruktur dan periodik, sehingga diharapkan semua program dan kegiatan yang dilakukan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien dalam mewujudkan sekolah yang bermutu tinggi dan kompetitif.

Keterlaksanaan berbagai petunjuk teknis dalam Program Kerja Kepala Sekolah ini merupakan komitmen kepala sekolah terhadap visi dan misi yang ditetapkan dalam tugas, dan kemampuan dalam memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada di lingkungan sekolah yang dipimpinnya. Diasumsikan bahwa apabila kepala sekolah dapat melaksanakan petunjuk teknis dalam Program Kerja ini, maka akan dapat diwujudkan sekolah yang bermutu tinggi dan kompetitif sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan negara.

Dengan adanya Program Kerja Kepala Sekolah ini, diharapkan sekolah dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara lebih efektif dan efisien, sistematis, dan terarah. Selain itu, Program Kerja Kepala Sekolah ini dapat dijadikan acuan oleh kepala sekolah, pengawas sekolah, dan dinas pendidikan setempat dalam proses penilaian kinerja kepala sekolah dan pembinaan kemampuan kepala sekolah secara berkelanjutan.

Untuk mendownload lengkap program kerja kepala sekolah secara lengkap, silahkan anda klik link dibawah ini:
  1. Program Kerja Kepala Sekolah (Bab I) atau disini
  2. Program Kerja Kepala Sekolah (Bab II) atau disini
  3. Program Kerja Kepala Sekolah (Bab III) atau disini
  4. Program Kerja Kepala Sekolah (Bab IV) atau disini
  5. Program Kerja Kepala Sekolah (Bab V) atau disini
  6. Program Kerja Kepala Sekolah (Bab VI) atau disini
























Sumber : https://www.gurudikdasmen.com/2018/11/download-program-kerja-kepala-sekolah.html

Jumat, 04 Januari 2019

Pengertian Dan Pentingnya Pendidikan Karakter

Pendidikan adalah suatu usaha sadar dan sistematis dalam mengembangkan potensi peserta didik. Menurut wikipedia Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak.

Karakter atau watak adalah sifat batin yang memengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk hidup lainnya. Lebih lengkap lagi Karakter adalah nilai-nilai yang khas, baik watak, akhlak atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebijakan yang diyakini dan dipergunakan sebagai cara pandang, berpikir, bersikap, berucap dan bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.

Sejalan dengan itu kita dituntut untuk menerapkan kemampuan karakter dan menumbuh kembangkan prinsip dalam pendidikan, tetapi pemahaman mengenai karakter secara mendasar belum kita fahami dengan benar-benar. Oleh sebab itu sebelum menerapkan pendidikan karakter, kita perlu tau dulu apa sih pendidikan karakter itu? Apa sih fungsi pendidikan karakter itu?
Pendidikan Karakter adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana serta proses pemberdayaan potensi dan pembudayaan peserta didik guna membangun karakter pribadi atau kelompok yang unik baik sebagai warga negara. Dalam kamus lain Pendidikan Karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya.
Dalam UU RI No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; merumuskan fungsi dan tujuan pendidikan Nasional yang harus digunakan dalam mengembangkan upaya pendidikan di Indonesia. Pasal 3 UU SIKDIKNAS menyebutkan:

Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan dan membantu watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa. Bertujuan untuk berkembangnya potensi, peserta didik agar menjadi manusia yang beriman yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Pendidikan karakter kini menjadi salah satu wacana utama dalam kebijakan nasional di bidang karakter Pendidikan. Seluruh kegiatan belajar serta mengajar yang ada dalam negara indonesia harus merujuk pada pelaksanaan pendidikan Karakter. Ini juga termuat di dalam Naskah Rencana Aksi Nasional Pendidikan Karakter yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan pada tahun 2010. Dalam naskah tersebut dinyatakan yakni pendidikan karakter menjadi unsur utama dalam pencapaian visi dan misi pembangunan Nasional yang termasuk pada RPJP 2005-2025.


















Sumber : https://www.gurudikdasmen.com/2018/09/pengertian-dan-pentingnya-pendidikan.html

Fungsi dan Tujuan Pendidikan Karakter

Fungsi pendidikan karakter adalah untuk mengembangkan potensi dasar seorang anak agar berhati baik, berperilaku baik, serta berpikiran yang baik. Dengan fungsi besarnya untuk memperkuat serta membangun perilaku anak bangsa yang multikultur. Selain itu pendidikan karakter juga berfungsi meningkatkan peradaban manusia dan bangsa  yang baik  di dalam pergaulan dunia. Pendidikan karakter dapat dilakukan bukan hanya di bangku sekolah, melainkan juga dari bergai media yang meliputi keluarga, lingkungan, pemerintahan, dunia usaha, serta media teknologi.

Tujuan pendidikan karakter adalah membentuk bangsa yang tangguh, berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, bekerja sama atau bergotong royong. Selain itu Pendidikan karakter juga membentuk bangsa mempunyai jiwa patriotik atau suka menolong sesama, berkembang dengan dinamis, berorientasi pada ilmu pengetahuan serta teknologi, beriman dan bertakwa pada Tuhan yang Maha Esa.

Fungsi dan Tujuan Pendidikan Karakter
Fungsi dan Tujuan Pendidikan Karakter

  1. Religius
  2. Jujur
  3. Toleransi
  4. Disiplin
  5. Kerja Keras
  6. Kreatif
  7. Mandiri
  8. Demokratis
  9. Rasa Ingin Tahu
  10. Semangat Kebangsaan
  11. Cinta Tanah Air
  12. Menghargai Prestasi
  13. Bersahabat/komunikatif
  14. Cinta Damai
  15. Gemar Membaca
  16. Peduli Lingkungan
  17. Peduli Sosial
  18. Tanggung Jawab
  19. Realisasi Pendidikan Karakter

Secara umum untuk mewujudkan pendidikan karakter dapat dilakukan melalui pendidikan formal, non formal, dan informal. Saling melengkapi dan mempercayai dan diatur dalam peraturan dan undang-undang. Pendidikan formal dilaksanakan secara berjenjang dan pendidikan tersebut mencakup pada pendidikan umum, kejuruan, akademik, profesi, evokasi keagamaan dan khusus. Dalam pelaksanaan pendidikan karakter dapat dilakukan melalui jenjang pendidikan yang diimplementasikan pada kurikulum di tingkat satuan pendidikan yang memuat pelajaran normatif, adaptif, produktif, muatan lokal, dan pengembangan diri.

Pendidikan karakter di sekolah yang diimplementasikan pada pendidikan pengembangan diri antara lain; melalui kegiatan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, semisal : pengurus OSIS, Pramuka, PMR, PKS, KIR, Olahraga, Seni, Keagamaan dan lainnya. Dengan kegiatan ekstrakurikuler ini sangat menyentuh, mudah dipahami, dan dilakukan siswa sebagai bagian penyaluran minat dan dilakukan siswa sebagai bagian penyaluran minat dan bakat yang dapat dikembangkan sebagai perwujudan pendidikan karakter bangsa.

Kita tahu bahwa Pendidikan memang tak lepas dari yang namanya makna dan definisi. Di dalam dunia pendidikan banyak sekali istilah-istilah atau definisi-definisi yang dipakai kemudian memerlukan pembahasan mengenai sesuatu definisi atau pengertiannya. 

Pengertian Pedidikan karakter berdasarkan Undang-Undang dan para ahli

Berikut merupakan beberapa pengertian Pendidikan karakter berdasarkan Undang-Undang dan para pakar/ahli yang saya kutip dari berbagai sumber:
  1. Menurut Suyanto. Pendidikan karakter adalah cara berfikir dan berprilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa, maupun Negara.
  2. Menurut Kertajaya. Pendidikan karakter adalah ciri khas yang dimiliki oleh suatu benda atau individu. Ciri khas tersebut adalah asli dan mengakar pada kepribadian benda atau individe tersebut, serta merupakan “mesin” yang mendorong bagaimana seseorang bertindak, bersikap, berucap, dan merespon sesuatu.
  3. Menurut Kamus Psikologi. Menurut kamus psikologi pendidikan karakter adalah kepribadian ditinjau dari titik tolak etis atau moral, misalnya kejujuran seseorang, dan berkaitan dengan sifat-sifat yang relatif tetap. (Dali Gulo, 1982).
  4. Menurut Thomas Lickona. Pendidikan karakter adalah suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai etika yang inti.























Sumber : https://www.gurudikdasmen.com/2018/09/fungsi-dan-tujuan-pendidikan-karakter.html

Minggu, 09 Desember 2018

CARA MENGISI APLIKASI RAPORT K 13 SMP

CARA MENGISI APLIKASI RAPORT K 13
1.  Pertama Kita Cari File nya dan untuk membuka filenya

2. Setelah muncul, Aplikasinya Jika menggunakan Office 2007 Klik Cancel ya, Jangan Ok


Maka Akan Tampil

3. Kita Isi Bio Data Sekolah terlebih Dulu



Lalu Klik Untuk Kembali















Baca Juga :

APLIKASI RAPORT K13 UNTUK SMP



4. Selanjutnya Kita Isi Bio Data Siswa terlebih Dulu


Lalu Klik Untuk Kembali



5. Langkah Selanjutnya Kita Isi KKM Sesuai Semester


Klik Back atau Home Untuk Kembali dan Menghisi Nilai Berdasarkan Mata Pelajaran

6. Kita Juga Bisa Cek Leger Yang Telah Terisi

7. Untuk Cetak Raport Seperti Biasa penggunaan Excel.




Selamat Bekerja.....




Download Aplikasinya disini 












Sumber : https://infokarwek.blogspot.com/2018/12/cara-mengisi-aplikasi-raport-k-13.html

APLIKASI RAPORT K13

Kurikulum yang berlaku pada tahun 2017 ini di dunia Pendidikan Indonesia baik dijenjang TK, SD, SMP dan SMA yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendididikan (KTSP) dan Kuikulum 2013 dimana pada masing-masing kurikulum akan mempunyai kreteria penilaian yang agak berbeda tetapi pada hakekatnya adalah sama yaitu untuk mengetahui perkembangan pengetahuan sejauh mana siswasiswi memahami materi pelajaran yang telah di ajarkan selama 6 bulan (Semester Ganji) begitu juga nantinya pada saat ingin naik kelas akan diadakan kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) dst.

Semua itu tidak terlepas dari kurikulum yang kami sebutkan tadi yaitu KTSP dan Kurikulum 2013. Jadi, beberapa sekolah masih banyak yang masih kebingungan untuk memberikan nilai kepada peserta didik menggunakan Kurikulum 2013  dikarenakan Asek yang ada di dalam penilaian kurikulum itu tidak seperti penilaian KTSP. Pada K-13 ini harus menggunakan bantuan Aplikasi sehingga mempermudah para guru terumata wali kelas dalam memberikan penilaian, merekap sekaligus memberikan raport. Baiklah kami tidak panjang lebar karena kami rasa Bapak ibu sudah mengetahui bahkan lebih paham dengan apa yang kami utarakan diatas, hehehe..


Kali ini  akan memberikan Aplikasi Penilaian Raport 
Kurikulum 2013 Multi KKM artinya bahwa Multi KKM itu adalah KKM yang disepakati oleh Seluruh Guru mata pelajaran di sekolah tersebut.  Adapun Petunjuk Penggunaan Aplikasi Raport K-13 Multi KKM ini adalah sebagai berikut:
1. Masukkan data pada menu "INPUT DATA"
2. Jika data berbentuk file, maka sebaiknya menggunakan: Copy-Paste 
     SpecialValues-Ok. supaya aplikasi tidak rusak.
3. Untuk melihat hasil, silahkan di Klik pada bagian Menu "OUTPUT DATA"
4. Untuk memindahkan data yang sudah ada dalam aplikasi ini, jangan       
    Memakai "CUT".
5. Untuk mencetak bagian OUTPUT DATA, Silahkan klik nomor urut siswa lalu
    Enter. Maka akan muncul data siswa yang telah dimasukkan pada 
     INPUT DATA.
6. Aplikasi Raport ini memakai ukuran kertas "A4"



Link Download 1 | Link Download 2 (bila error) V.1
Link Download 1 | Link Download 2 (bila error) V.2

Link Download 1 | Link Download 2 (bila error) V Lainnya

Baca Juga : 

Nah, kami rasa sudah sangat jelas sekali panduannya. Sekarang kami akan
bagikan Aplikasinya silahkan didownload link dibawah ini.

Sekian artikel yang dapat kami bagikan semoga bermanfaat yaa jangan lupa...

share ya













Sumber Artikel : http://www.foppsiwanasaba.com/2017/12/aplikasi-raport-k-13-multi-kkm-revisi.html 2/


Senin, 19 November 2018

PANGKAT, GOLONGAN RUANG, JABATAN FUNGSIONAL

PANGKAT, GOLONGAN RUANG, JABATAN FUNGSIONAL GURU, ESELON DAN JENJANG PANGKAT JABATAN STRUKTURAL PEGAWAI NEGERI SIPIL















Sumber Gambar : https://www.slideshare.net/def1t/sosialisasi-jabatan-fungsional-perencana

PANGKAT, GOLONGAN RUANG, JABATAN FUNGSIONAL GURU, ESELON DAN JENJANG PANGKAT JABATAN STRUKTURAL PEGAWAI NEGERI SIPIL

I.      PANGKAT GOLONGAN RUANG  Berdasarkan  PP Nomor 99 Tahun 2000 
NoPANGKATGOLONGANRUANG
1Juru MudaIa
2Juru Muda Tingkat IIb
3JuruIc
4Juru Tingkat IId
5Pengatur MudaIIa
6Pengatur Muda Tingkat IIIb
7PengaturIIc
8Pengatur Tingkat IIId
9Penata MudaIIIa
10Penata Muda Tingkat IIIIb
11PenataIIIc
12Penata Tingkat IIIId
13PembinaIVa
14Pembina Tingkat IIVb
15Pembina Utama MudaIVc
16Pembina Utama MadyaIVd
17Pembina Utama IVe



II.      ESELON DAN JENJANG PANGKAT JABATAN STRUKTURAL Berdasarkan PP Nomor 100 Tahun 2000
NOESELONJENJANG PANGKAT, GOLONGAN / RUANG
   T  ERENDAHTERTINGGI
     PANGKATGOL/RUANGPANGKATGOL/RUANG
1I aPembina Utama MadyaIV/dPembina UtamaIV/e
2I bPembina Utama MudaIV/cPembina UtamaIV/e
3II aPembina Utama MudaIV/cPembina Utama MadyaIV/d
4II bPembina Tingkat IIV/bPembina Utama MudaIV/c
5III aPembinaIV/aPembina Tingkat IIV/b
6III bPenata Tingkat IIII/dPembinaIV/a
7IV aPenataIII/cPenata Tingkat IIII/d
8IV bPenata Muda Tingkat IIII/bPenataIII/c
III.     JENJANG PANGKAT DAN JABATAN FUNGSIONAL GURU Berdasarkan Permenag PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 
          
No               PANGKAT, GOLONGAN / RUANG
PANGKATGOL/RUANGJABATAN FUNGSIONAL Guru
1Penata Muda III/aGuru Pertama
2Penata Muda Tingkat IIII/bGuru Pertama
3PenataIII/cGuru Muda
4Penata Tingkat IIII/dGuru Muda
5PembinaIV/aGuru Madya
6Pembina Tingkat IIV/bGuru Madya
7Pembina Utama MudaIV/cGuru Madya
8Pembina Utama MadyaIV/dGuru Utama
9Pembina UtamaIV/eGuru Utama