"Dirgahayu HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia "

Kamis, 08 November 2018

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

KEPALA SEKOLAH

1.    Berperan dalam mengkoordinasikan, menggerakkan dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia. Mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran sekolah melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap (memprogresifkan sumber daya sekolah terutama SDM untukmencapai tujuan SMP Negeri 2 Sukagumiwang).
2.    Berfungsi sebagai pendidikn (educator), pengelola teknis (manajer), administrator, penyelia (supervisor), pemimpin (leader),  pembaharu(inovator), dan pendorong (motovator) SMP Negeri 2 Sukagumiwang.
3.    a. Bertugas menyusun perencanaan dan program SMP Negeri 2 Sukagumiwang
1)             Komitmen motto juang, visi, misi, dan tujuan
2)             Renacana pengembangan Kurikulum (RPK)
3)             Renacana Kegiatan dan Anggaran (RKA)
4)             Renacana Operasional Sekolah (program 1 tahun, RENOP)
5)             Renacana Pengembangan Sekolah (program 4 tahun, RKJM, RKJP)
b. Bertugas membina SMP Negeri 2 Sukagumiwang
1)   Kesiswaan
2)   Pembelajaran
3)   Ketenagaan
4)   Kerjasama (hubungan) dengan masyarakat
4.    Berwenang memutuskan dan menetapkan regulasi SMP Negeri 2 Sukagumiwang
a.    Peraturan sekolah.
b.    Tata tertib guru, tata usaha, dan siswa
c.    Kode etik sekolah
d.   Kurikulum sekolah
e.    Peraturan akademik
f.     Pembagian tugas guru dan tata usaha
g.    Menetapkan visi, misi sekolah
h.   Jadwal pembelajaran
i.      Pemilihan pegawai dan siswa berprestasi
5.    Bertanggung jawab dalam pengembangan SMP Negeri 2 Sukagumiwang
a.    SMP Negeri 2 Sukagumiwang sebagai sistem yang tersusun atas konteks, input, proses,output dan outcome
b.    Hasilpengukuran kinerja sekolah berdimensi kualitas, produktuvitas, efektifitas dan efisiensi yang semakin meningkat.
1)     Kualitas (output yang dihasilkan berdasar pada adanya input siap dan prosesnya siap).
2)     Produktuvitas (siswa lulusan semakin meningkat jumlahnya dari tahun lalu jika inputnya sama/tetap).
3)     Efektifitas (hasil nyata dibagi hasilyang diharapkan/direncanakan).
4)     Efisiensi (internal diukur dengan biaya yang sama dengan tahun yang lalu dapat menghhasilkan prestasi belajar lebih baik; eksternal siswa lulusan dibandingkan dengan sekolah lain/terdekat ketika telah bekerja pada level setara memperoleh upah yang lebih tinggi).
c.    Terwujudnya manajemen berbasis sekolah ke arah model pengelolaan sekolah
1)                 Otonom : Kemandirian dalam kewenangan dan tanggung jawab oelh sekolah.
2)         SIM : Pelayanan pendidikan cepat, tepat dan akurat bagi pelanggan primer, sekunder dan tersier
3)       Partisipasi : Terciptanya lingkungan yang terbuka dan demokratik.
4)       Flexibilitas : Keluwesan memberdayakan sumber daya sekolah seoptimal mungkinuntuk sekolah maju
d.   Penerapan nilai-nilai karakter, kultur dan budaya sekolah efektif serta berdimensi etika, logika, estetika dan praktika
1)        Spirit sekolah yang beroutput, prestasi sekolah akademik dan non akademik yang selalu dihasilkan oleh proses pembelajaran dan manajemen sekolah.
2)        Proses berlangsung kuat:
a)      PBM yang efektifitasnya tinggi.
b)      Kepemimpinan sekolah yang kuat.
c)      Lingkungan sekolah yang aman dan tertib.
d)     Pengelolaan tenaga yang efektif.
e)      Sekolah berbudaya mutu.
f)       Team Work yang kompak,cerdas dan dinamis.
g)      Memiliki model sekolah mandiri.
h)     partisipasi yang tinggi dari warga sekolah dan masyarakat.
i)        Sekolah bertraparansi.
j)        Sekolah mau berubah (pisik dan psikis).
k)      Melakukan evaluasi dan perbaikan berkelanjutan.
l)        Responsif dan antisipasif terhadap kebutuhan.
3)        Input mendidik siap:
a)      Memiliki kebijakan, tujuan dan sasaran mutu yang jelas.
b)      Sumber daya tewrsedia.
c)      Staf yang kompeten dan berdedikasi tinggi.
d)     Harapan prestasi yang tinggi.
e)      Fokus kepada siswa.
f)       Manajemen berbasis sekolah.
4)        Memainkan paradigma yang didesentralisasikan:
a)        Pengelolaan PBM.
b)        Perencanaan dan evaluasi program sekolah.
c)        Pengelolaan kurikulum.
d)       Pengelolaan Ketenagaan.
e)        Pengelolaan fasilitas sarana prasarana.
f)         Pengelolaan keuangan.
g)        Pelayanan siswa.
h)       Hubungan sekolah dengan masyarakat.
i)          Pengelolaan iklim sekolah.
5)        Menyusun kalender pendidikan SMP Negeri 2 Sukagumiwang.
6)        Menerapkan pengvhargaan (reward) kepada warga sekolah berprestasi/teladan dan memberi sanksi (punishment) kepada yang melanggar peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
7)        Menumbuhkan ruang gerak dan fasilitasdari sekolah terharap ide (gagasan segar) konstruktif yang memilikinilai akademik, etika, moral dan disiplin serta bersifat spesifikasi/indikator akselerasi sporadif terhadap pengendalian dan penigkatan mutu pendidikan.
8)        Penanggung jawab dalam LITBANG sekolah demi kelancaran alur gerak, mekanisme kerja dan spirit progresif hingga tersusunnya konsep-konsep berupa rencana program-program maupun regulasi-regulasi SMP Negeri 2 Sukagumiwang.
WAKIL KEPALA SEKOLAH
Wakil Kepala Sekolah membantu Kepala Sekolah dalam hal tertentu dan mewakili Kepala Sekolah baik kedalam maupun keluar bila Kepala Sekolah berhalangan.
Tugas Wakil Kepala Sekolah meliputi :
  1. Membantu dan menyusun program kegiatan dan pelaksanaan.
  2. Mengkoordinasikan dan mengarahkan kegiatan.
  3. Mengidentifikasi dan mengumpulkan data.
  4. Mengawasi jalannya kegiatan sekolah sehari-hari dalam hal:
  5. Pelaksanaan tugas Guru.
  6. Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah
  7. Pengaturan dan pengisian agenda kelas dan buku piket.
PEMBANTU KEPALA SEKOLAH URUSAN KURIKULUM
Tugasnya membantu Kepala Sekolah dalam Kegiatan :
  1. Membantu pembagian tugas guru.
  2. Menyebarkan kalender pendidikan
  3. Menyusun jadwal pelajaran
  4. Menyusun program pelaksanaan Ulangan Umum dan Ujian Nasional
  5. Mengkoordinasikan dan mengarahkan pembagian administrasi program pengajaran
  6. Menyusun laporan pelaksanaan pekerjaan
    PEMBANTU KEPALA SEKOLAH URUSAN KESISWAAN
    Tugasnya membantu Kepala Sekolah dalam Kegiatan :
    1. Menyusun Program pembinaan kesiswaan /OSIS
    2. Membimbing, mengarahkan dan mengendalikan kegiatan siswa/OSIS dalam menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah
    3. Membina dan mengkoordinasikan pelaksanaan 6 K
    4. Memberi pengarahan dan pemilihan Pengurus OSIS
    5. Memberi pembinaan kepada pengurus OSIS dalam berorganisasi
    6. Menyusun program dan jadwal kegiatan siswa secara berkala dan insidentil
    7. Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dan kegiatan diluar sekolah
    8. Pembinaan pelaksanaan upacara bendera dan PHBN
    PEMBANTU KEPALA SEKOLAH URUSAN SARANA DAN PRASARANA (SAPRAS)
    Bertugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan antara lain :
    1. Inventaris barang
    2. Pendayagunaan sarana dan prasarana
    3. Pemeliharaan dan pengamanan barang
    4. Merencanakan kebutuhan sarana dan prasarana untuk menunjang proses belajar mengajar.
    5. Mengatur pembukuannya.
    PEMBANTU KEPALA SEKOLAH URUSAN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS)
    Bertugas membantu Kepala Sekolah dalam Kegiatan antara lain:
    1. Mengatur hubungan sekolah dengan orang tua/wali siswa.
    2. Membina hubungan antara sekolah dengan instansi lainnya.
    3. Memberikan penjelasan tentang kebijaksanaan sekolah, situasi dan perkembangan sekolah kepada orang tua siswa dan atau masyarakat.
    4. Mengkoordinir kegiatan silahturahmi, rekreasi dan acara kekeluargaan
    WALI KELAS
    Wali Kelas mempunyai tugas sebagai berikut :
    1. Mengelola dan menyelenggarakan administrasi kelas yang meliputi :denah tempat duduk siswa, papan absent siswa, buku absent siswa, daftar pelajaran, Leger, dan tata tertib siswa.
    2. Mengisi dan membagikab buku laporan pendidikan
    3. Menjaga dan memelihara 6 K di masing-masing kelas
    4. Memberikan motivasi dalam menciptakan situasi KBM, yang efektif kepada siswanya.
    5. Memelihara sarana pendidikan yang ada di kelas
    6. Memberikan informasi kepada guru BP, tentang siswa yang mempunyai masalah
    7. Memonitor siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler
    GURU BIMBINGAN KONSELING (BK)
    Guru BK mempunyai tugas :
    1. Menyusun program dan pelaksanaan kegiatan konseling
    2. Koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah yang dihadapi siswa dalam kesulitan belajar
    3. Melaksanakan koordinasi dengan wali kelas dan guru dalam mengatasi masalah bila terjadi pelanggaran yang dilakukan siswa
    4. Memberi layanan bimbingan
    GURU PIKET
    Guru Piket mempunyai Tugas :
    1. Bertanggung jawab atas kegiatan belajar mengajar di sekolah
    2. Menjaga ketertiban dan keamanan sekolah
    3. Mengambil tindakan yang diperlukan untuk ketertiban dan keamanan sekolah.
    4. Mengusahakan agar kelas-kelas kosong karena guru berhalangan hadir, dapat diisi dengan tertib
    5. Melarang/mengijinkan seseorang/sekelompok siswa untuk meninggalkan sekolah pada jam pelajaran tertentu.
    6. Mencatat kehadiran guru-guru sehari-hari
    7. Mencatat suatu kejadian disekolah selama bertugas.
    GURU MATA PELAJARAN
    Guru Mata Pelajaran mempunyai tugas:
    1. Membuat daministrasi program pengajaran.
    2. Melaksanakan kegiatan belajar mengajar
    3. Mengadakan kegiatan penilaian
    4. Membuat analisis hasil belajar dan analisis butir soal
    5. Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
    6. Mengadakan pengembangan setiap bidang pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya.
    7. Meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai pelajaran.
    8. Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar siswa.
    9. Mengatur kebersihan ruang kelas dan menertibkan penggunaan alat-alat pelajaran.
    A.    STAF ADMINISTRASI ( TATA USAHA ) SMP NEGERI 2 SUKAGUMIWANG
    1.     Koordinator Tata Usaha (Katas)
    a.      Melaksanakan koordinator para staf administrasi dan penjaga sekolah untuk kelancaran pelayanan publik.
    b.      Melaksanakan kegiatan umum keadministrasian sekolah.
    c.       Menyimpan dokumen sekolah berupa cetakan dan papan data secara terorganisir.
    d.      Menyusun laporan sekolah ke Dinas Pendidikan Kabupaten.
    e.       Mengelola administrasi kurikulum.
    f.        Mengelola administrasi peran serta masyarakat.
    2.     Keuangan
    a.      Mengelola keuangan BOS Reguler (Pusat, BOSDA) dan Rutin.
    b.      Melaksanakan kegiatan kebendaharaan sekolah.
    c.       Menyimpan dokumen sekolah.
    d.      Menyusun laporan keuangan sekolah.
    e.       Menyusun RKAS.
    3.     Kesiswaan
    a.      Mengelola dokumen PPDB, MOS/MPLS.
    b.      Mengelola Kesiswaan : Buku induk, Klapper, Daftar hadir PD, Agenda kelas, Buku nilai, Legger, Daftarkeadaan siswa PD, laporan kenaikan/kelulusan, Peserta UN/US.
    c.       Mengelola Beasiswa/KIP.
    d.      Menyusun Grafik Absen peserta didik.
    4.     Sarana Prasarana
    a.      Mengelola sarana prasarana barang tidak bergerak dan barang yang bergerak.
    b.      melaksanakan upaya pengadaan, pendayagunaan dan perawatan sarana.
    c.       Operator Komputer.
    5.     Persuratan
    a.      Mengelola persuratan dan kearsipan.
    b.      Mendokumentasikan aktifitas sekolah.
    c.       Menyusun Grafik Absen guru dan TU.
    d.      Operator Komputer.
    6.     Perpustakaan
    a.      Mengelola Perpustakaan sekolah.
    b.      menyusun laporan dan grafik perkembangan kunjungan PD dan peminjam buku.
    c.       Mengelola media pembelajaran.
    7.     Kepegawaian
    a.      Mengelola administrasi kepegawaian PTK.
    b.      Mengusulkan administrasi kenaikan pangkat, SK Kenaiakn Gaji Berkala.
    c.       Menyusun laporan DSO, R7 dan R8.
    d.      Mendata kelayakan PTK dan Analisis jabatan.
    e.       Operator Komputer/Dapodik.
    8.     Perkoperasian
    a.      Mengelola Perkoperasian.
    b.      Mengelola kepedulian warga tentang UKS dan Shadaqah.
    9.     Pramu Kantor/Pramu Sekolah
    a.      Menjaga kebersihan sekolah.
    b.      Menjaga keamanan sekolah.
    c.       Mengantarkan/menyampaiakn surat dinas.
    d.      Memelihara tanaman penghijauan.
    e.       Memelihara Peralatan kebersihan.

    B.     PENGURUS KOMITE SEKOLAH SMP NEGERI 2 SUKAGUMIWANG
    1.     Secara tim melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sekolah untuk merumuskan langkah-langkah kegiatan dalam mengupayakan kemajuan sekolah dalam bidang non alademik (uraian lebih rinci dalam AD/RT Komite Sekolah).
    2.     Melaksanakan kerja sama dengan pihak orang tua siswa dan masyarakat luas dalam rangka menggali dukungan moril maupun maupun materil terhadap pembangunan sekolah dibidang prestasi non akademik khususnya.
    3.     Mengsahkan RKAS, Kurikum sekolah dan bidang lain yang releven.
    4.     Mengawasi penggunaan keuangan melalui cara-cara pengesahan renacana program yang akan dilaksanakan setiap triwulan.
    5.     Membantu anggaran sekolah dari dan melalui masyarakat luas diluar sekolah tanpaikatan atau berupa hibah.

    C.    TIM LITBANG SEKOLAH
    1.      Fungsi dan tugas timm libtang SMP Negeri 2 Sukagumiwang pada prinsipnya membangun karakter budaya berspirit PROGRESIFde dalam konsep-konsep:
    a.    Merekomendasikan arah terbaik untuk  di laksanakan bersama segenap warga sekolah melalui penetapanoleh Kepala Sekolah berupa regulasi-regulasi dan kebijakan kebijakan.
    b.    Menyusun konsep/draf  beruoa rencana program-program pembelajaran (RPK dan Kurikulum SMP Negeri 2 Sukagumiwang, Program tahunan(RKAS dan RENOP), Renstra 4 tahun, Renstra 10 tahun, (Peninjauan visi dan misi sekolah dan perubahan/pengendalian sosial hubungan antar sesama).
    c.    menyusun format ukuran keteladanan nonregulasi bernuansakan team work dengan mengembangkan pendekatan “idigrafik” dan mind set profesioal/ilmiah.
    2.      Tim Libang berperan sebagai wadah aspirasi penyeimbang “power sharing” terhadap birokrasi sekolah kearah terbentuknya situasi dan kondisi kerja yang kondusif menuju 4 (empat) perubahan pokok:
    a.    Sekolah di dukung sebagai unitutama dalamsystemyang luas.
    b.    Perilaku sekolah yang mandiri, kratif, proaktif, sinergis, koordinatif, integrative, sinkronistis, kooperatif, luwes dan profesional.
    c.    Sekolah berperan memiliki inovasi  diri yang tinggi (self motivator).
    d.   Sifat hubungan mengembangkan kombinasi komando, koordinatif dan fasilitatif, Kepala  Sekolah tidak didudukan sebagai pemilik mutlak sekolah.
    3.      Tim litbang berwenang dan bertanggung jawab menyusun rekomendasi analisis perkembangan sekolah berdimensi ETIKA, LOGIKA, ESTETIKA dan PRAKTIKA.

    D.   KEPALA UNIT LABORATORIUM IPA
    1.      Membantu Kepala Sekolah dalam pelayanan kegiatan Laboratorium IPA SMP Negeri 2 Sukagumiwang.
    2.      Melaksanakan koordinasi dengan para waka sekolah.

    E.     KEPALA UNIT LABORATORIUM BAHASA
    1.   Membantu Kepala Sekolah dalam pelayanan kegiatan Laboratorium Bahasa SMP Negeri 2 Sukagumiwang.
    2.   Melaksanakan koordinasi dengan para waka sekolah.

    F.      KEPALA PERPUSTAKAAN SEKOLAH
    1.     Membantu Kepala Sekolah dalam pelayanan kegiatan Perpustakaan SMP Negeri 2 Sukagumiwang.
    2.     Melaksanakan koordinasi dengan para waka sekolah.

    G.   TEKNISI MEDIA PEMBELAJARAN
    1.     Membantu Kepala Sekolah dalam pelayanan kegiatan kelayakan median pembelajaran.
    2.     Melaksanakan koordinasi dengan para waka sekolah.

    H.   PENGELOLA KOPERASI SEKOLAH
    1.      Melaksanakan kegiatan pelayanan perkoperasian kepada warga SMP Negeri 2 Sukagumiwang.
    2.      Bertanggung jawab kepada pengurus perkoperasian.
    3.      Memberikan bimbingan belajar langsung praktik perkoperasian kepada para siswa. Tentang UKS dan kepedulian orang lain.

    I.       PENGELOLA UKS
    1.          Membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan UKS SMP Negeri 2 Sukagumiwang berdimensi jasmani dan rohani.
    2.     Melaksanakan koordinasi dengan wakasek 1, wakasek 2, KHP OSIS, dan Koordinator TU.
    3.     Melaksanakan lomba antar kelas tentang UKS dan SBL.
    4.     Memantau kebersihan WC dan kamar mandi sekolah.

    J.       KETUA HARIAN PEMBINA OSIS
    1.       Membantu Kepala Sekolah dalam pelayanan kegiatan Pembinaan OSIS SMP Negeri 2 Sukagumiwang.
    2.       Melaksanakan pembinaan disiplin siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah/siswa.
    3.       Melaksanakan LDK, OSIS, dan mempraktekan/mensosialisasikan karya OSIS melalui papan informasi sekolah.
    4.       Bersama Wakasek 1 melaksanakan seleksi siswa berprestasi, O2SN, OSN dan delegasi siswa lainnya.
    5.       Mengkoordinir kegiatan ekstrakurikuler dan pelayanan ekstra/tambahan siswa.
    6.       Memprogram pengembangan bakat dan minat siswa secara syar’i melaluikegiatan bakti sosial, kemah pelanyikan eskul, pentas kreasi seni, porak, study tour dan kegiatan sosial lainnya.
    7.       Mendata seluruh siswa mengikuti kegiatan eskul wajib dan eskul tambahan dan membuat kartu peserta eskul wajib.

    K.    KOORDINATOR BK
    1.      Menyelenggarakan kegiatan pelayanan bimbingan dan konseling disekolah.
    2.      Memberikan BK khusus bagi siswa yang melanggar tata tertib siswa kategori sedang dan kuat.
    3.      Mengkoordinir kegiatan home visit bersama wali kelasnya.
    4.      Bersama pengurus DKM Baiturrahim, KHP OSIS dan Wakasek 1 Mengkoordinir BSM dan penguatan keimanan kepada Allah SWT.

    L.     KOORDINATOR GURU KELOMPOK MATA PELAJARAN
    1.      Mengkoordinir penyusunan admisnistrasi guru mata pelajaran pada SMP Negeri 2 Sukagumiwang.
    2.      Mengkoordinir pelaksanaan MGMP tingkat sekolah, sektor, kabupaten, propinsi dan nasional.
    3.      Berkoordinasi dengan Wakasek 2 dalam bidang kurikulum.

    M.  WALI KELAS
    1.      Membantu Kepala Sekolah melaksanakan kegiatan Pengelolaan pelayanan siswanya dan pengelolaan administrasi kelasnya serta membina siswanya dalammentaati peraturan- peraturan  SMP Negeri 2 Sukagumiwang.
    2.      Membimbing siswa dalampemilihan pengurus kelasnya.
    3.      Membina siswa utusan kelas dalamrapat OSIS agar mampu menyampaikan aspirasi kelasnya dan belajar cara-cara berorgasnisasi dalam OSIS.
    4.      Melaksanakan kelas UKS dan SBL serta membentuk regu piket kebersihan.
    5.      Melatih siswa dalam melaksanakan upacara penaikan bendera merah putih.
    6.      Mengambiltindakan preventiv terhadap siswa mencegah terjadinya pelanggaran tata tertib sekolah, termasukhome visit mencegah terjadinya DO.
    7.      Mendata status ekonomi keluarga siswa sehingga dapat terdeteksi siswa-siswi darikeluaga tidak mampu (siswa miskin dan yatim/piatu).
    8.      Menisi buku laporan hasil belajar siswa, yang nilainya diterima dari Wakasek 2 Kurikulum.

    N.   KOORDINATOR EKSTRAKURIKULER
    1.      Menyelenggarakan kegiatan pelayanan ekstrakurikuler sore hari kepada siswa sesuai dengan minat dan bakat pilihan siswa terhadap eskul wajib pada SMP Negeri 2 Sukagumiwang.
    2.      Mengelola kelancaran kegiatan ekstrakurikuler yang ditetapkan sekolah termasuk kelengkapan administrasi.
    3.      Melaksanakan koordinasi dengan Wakasek 2 tentang materi pembelajaran, jadwal pembelajaran/kegiatan dan berkoordinasi dengan KHP OSIS tentang siswa sasarannya dan model pelaksanaannya.
    4.      Menysusun laporan hasil penilaian kegiatan siswa kepada sekolah dengan terlebih dahulu diketahui KHP OSIS melalui Wakasek 2.
    5.      Menampung dan mengelola infaq shadaqoh atau dan tabungan dari peserta didik eskul diketahui KHP OSIS dan berkoordinasi dengan Wakasek 1 untuk kepentingan organisasinya (bagian dariseksi OSIS), dalamhal ini yang melaksanakan adalah siswa sebagai pengurus organisasinya.

    O.   GURU-GURU MATA PELAJARAN
    1.      Menyelenggarakan pelayanan  pelaksanaan kegiatan pembelajaran kepada siswa dengan proses bermutu dan penilaian PBM sampai dengan setiap siswa mencapai KKM MP yang bersangkutan (lulus) dan dinyatakan LULUS (naik tingkat) dari/pada SMP Negeri 2 Sukagumiwang.
    2.      Melaksanakan 5 (lima) tugas poko guru MP:
    a.      Menyusun rencana program .
    b.      Melaksanakan proses tatap muka (PBM).
    c.      Melaksanakan evalusi KBM.
    d.     Menganalisis hasil evaluasi.
    e.      Mengadakan kegiatan pengayaan atau remedial.
    3.      Menysusn laporan hasil pelaksanaan setiap semster, untuk penetapan nilai rapor siswa ybs ( kepada kepala sekolah, orang tua siswa dan pemerintah).
    4.      Mennindak lanjuti hasil pemantauan, pengawasanm supervisi, evaluasi dan analisis oleh Kepala Sekolah, Pengawas Dikmen dan Tim lainnya.   


    S.      PEDOMAN PELAKSANAAN PEKERJAAN PERSONALIA KHUSUS SMP NEGERI 2 SUKAGUMIWANG
    1.    Struktur organisasi sekolah (makro dan sektor) pada SMP Negeri 2 Sukagumiwang secara operasional bagi setiap personalia harus dipedomani sebagai tata hubungan antar personalia yang bersifat kerja kolektif.
    2.    Untuk penguatan kompetensi dalam bidang tugasnya, personalia harusmemahami perundang-undangan yang releven.
    3.    Setiap personalia harus menyusun perencanaan program kerja praktis dengan sistematika standar. Jika berupa tim kerja disusun bersama.
    4.    Setiap penyusunan program kerja, personalia/tim harus memperhatikan visi, misi dan tujuan sekolah, Renstra (RKJP/RKJM), Renop/RKT/RKA SMP Negeri 2 Sukagumiwang.
    5.    Pelaksanaan pekerjaan oleh personalia SMP Negeri 2 Sukagumiwang dapat mengembangkan dimensi religius kedalam model pelaksanaan kerja beretika, berlogika, berestetika dan berpraktika.
    6.    Personalia harus melaksanakan pekerjaan dengan berdasarkan POS SMP Negeri 2 Sukagumiwang.
    7.    Personalia bidang keuangan dalam pelaporan rutinnya harus dilaksanakan dengan bukti SPJ yang sah, paling lambat tanggat 10 pada bulan berikutnya dan berpedoman pada RKAS.
    8.    Bidang tugas pramu kantor/pramu sekolah yang dilaksanakan oleh personalia adalah pelayanan khusus mencakup menjaga kebersihan sekolah, menjaga keamanan sekolah, memlihara kebun/taman sekolah dan pesuruh sekolah.
    9.    Personalia bidang/tim LITBANG melaksanakan pekerjaan penyusunan, pengkajian, pelaporan dan rekomendasi yang berkolerasi dengan perkembangan sekolah baik fisik maupun non fisik. Tugas dan fungsi pokok LITBANG mencakup:
    a.    Pengumpulan dan penyusunan data EDS.
    b.    Menganalisis dan memilih data-data prioritas.
    c.    Menyusun konsep RKAS.
    d.   Menyusun konsep pengembangan Kurikulum/KTSP.
    e.    Menyusun konsep Pengembangan (siteplan) sekolah.
    f.     Menyusun konsep RENOP.
    g.    Menyusun konsep pelayanan SIM RESPONSIF.
    h.   Mengkaji visi,misi, Rentra 8 tahun dan RKJM.
    i.      Menyusun revisi tata tertib guru, tata tertib TU, tata tertib peserta didik.
    j.      Menyusun konsep nilai-nilai karakter dan budaya kawasan SEKOLAH ETIKA PROGRESIF, SEKOLAH LOGIKA PROGRESIF, SEKOLAH ESTETIKA PROGRESIF, SEKOLAH PRAKTIKA PROGRESIF.
    k.    Menyusun laporan perkembangan dan perubahan sekolah periode 1 tahunan dalam 4 tahun.
    l.      Menyusun laporan perkembangan tindak lanjut data laporan perkembangan sekolah untuk percepatan sekolah 4 tahun yang akan datang.
    m. Menyusun konsep penetapan lambang SMP Negeri 2 Sukagumiwang dan atribut peserta didik SMP Negeri 2 Sukagumiwang.
    10.                        Setiap personalia PTK wajib mengisi buku daftar hadir sebagai bukti fisik utama melaksanakan tugas wajib kedinasan.
    11.                        Setiap personalia yang menerima penugasan dalam keputusan Kepala Sekolah berhak mengembangkan potensinya baik secara inovatif/progresif/kreatif dalam batas tolerasni ilmiah.
    12.                        Setiap personalia (PTK) yang oleh karena terkait dengan kedinasan perlu segera melapor kepada kepala sekolah, adalah:
    a.    Jika permasalahan bersifat penting/rahasia.
    b.    Berkategori hikmah berdampak manfaat bagi warga sekolah.

    c.    Mendorong penguatan bernilai ketauhidan.

      PROFIL SMP NEGERI 2 SUKAGUMIWANG

      LATAR BELAKANG


      SMP Negeri 2 Sukagumiwang merupakan sekolah representative dan tertata apik didalam lingkungan Pondok Pesantren Cadangpinggan. SMP yang pernah menduduki peringkat 1 kinerja tingkat kabupaten indramayu ini tidak jauh dari By Pass Cadangpinggan Km 37 Sukagumiwang Indramayu sehingga mudah dijangkau.

      Sekolah yang banyak prestasi ini bermula bernama SMP Negeri 3 Kertasemaya, dengan Pemekaran pada Mei Tahun 2005, akhirnya berganti nama menjadi SMP Negeri 2 Sukagumiwang dengan Visi “Progresif”.



      SMP yang sudah berpengalaman dan terakreditasi A ini berdiri sejak 27 Oktober 1999



      MOTO JUANG, VISI,MISI, STRATEGI DAN TUJUAN
      SMP NEGERI 2 SUKAGUMIWANG KABUPATEN INDRAMAYU

      MOTO JUANG
      PROGRESIF ( PROGRAM RELIGIUS INOVATIF ):
      Berarti Program Peningkatan Mutu SMP Negeri 2 Sukagumiwang Berdasarkan Nilai Religius,Yang Berkembang Secara Inovatif Dalam Mewujudkan Peserta Didik Cerdas Dan Kompetitif.

      VISI
      TERCAPAINYA PRESTASI SISWA SMP NEGERI 2 SUKAGUMIWANG BERKOMPETENSI AMAT BAIK MELALUI PROSES PEMBELAJARAN “PROGRESIF”.

      MISI
      (SAPTA KARYA INOVATIF)
      1)   Membangun Kultur Budaya Sekolah Berkarakter Religius
      2)   Menetapkan Regulasi Sekolah Sesuai Dengan Azas Hukum, Politik Dan Sosial Etik.
      3)   Mengembangkan Kebutuhan Sarana Prasaran Sekolahberstandar Nasional.
      4)   Memfasilitasi Integritas Personal Di dalam Sistem Sekolah Yang Informatif
      5)   Meningkatkan Kualitas Personal Yang Religius, Maju, Mandiri Dan Sejahtera
      6)   Meningkatkan Proses Operasional dan Kurikulum Sekolah Secara Efektif dan Efisien.
      7)   Mensosialisasikan Prestasi Hasil Pendidikan Menjadi Milik Publik

      STRATEGI
      1. PERENCANAAN
      a.         Menyusun hasil Analis SWOT fungsi-fungsi Sistem SMP Negeri 2 Sukagumiwang
      b.         Menetapkan target periodik prestasi sekolah
      c.         Mengesahkan regulasi penjaminan mutu edukatif dan administratif sekolah
      d.         Menyusun program visioner inovatif pendidikan yang religius
      e.         Menyusun Skudel SUPMONEV Personal Untuk Mencapai Motivasi Kerja Optimal



      1. PELAKSANAAN
      a.       Menemukan data permasalahan substansi kekuatan, peluang,hambatan dan ancaman sekolah berstandar nasional
      b.         Melaksanakan proses, arah tindakan dan langkah-langkah operasional kerja
      c.         Menata, merawat, memodernisasi dan menambah kebutuhan sarana prasarana sekolah
      d.         Menerapkan profesionalisme  pelayanan publik dengan integritas pribadi mapan
      e.         Mengefektifkan serta mengefisiensikan dana, waktu dan daya yang telah di siapkan

      1. PENGEVALUASIAN
      a.       Tingkat ketercapaian program-program renstra, renop dan kurikuluim sekolah
      b.       Standarisasi  kesejahteraan dan penghasilan sesuai dengan beban kerja tambahan
      c.      Merevisi regulasi-regulasi sekolah kearah fungsi pengendalian manajerial dan operatif secara lebih terukur serta terkontrol
      d.         Mengubah kegiatan prioritas  sekolah sesuai dengan realitas anggaran tahun berjalan
      e.         Mengevaluasi  tingkat pencapaian kompetensi hasil pembelajaran

      TUJUAN
      1.  UMUM
      a.        Mewujudkan komitmen SMP Negeri 2 Sukagumiwang berprestasi maju dengan sistem dan kultur yang berdasarkan hukum,sosialetik dan religius
      b.         Menciptakan sekolah bercitra disiplin bersikap anti PEKAT, berspirit belajar dan rasa bahagia
      c.         Menumbuhkan produktifitas dan integritas personal di dalam komitmen organisasi
      d.      Memiliki sarana prasarana pendidikan yang baik,modern dan cukup
      e.         Memeiliki tenaga Guru, Staf TU dan penjaga yang kompeten dan berdaya saing tinggi

      2.  KHUSUS
      a.      Tercapainya angka KKM semua mata pelajaran oleh setiap siswa minimal 85 ( delapan puluh lima )
      b.     Tercapainya tingkat kehadiran  individu dalam pembelajaran efektif minimal 98% ( sembilan puluh delapan persen )
      c.      Tercapainya kondisi kesiapan fungsi-fungsi sekolah berstandar nasional pendidikan
      d.      Tercapainya proses pembelajaran multidimensi, bermakna dan berbasis kompetensi
      e.      Tercapainya angka kenaikan kelas, kelulusan dan melanjutkan 100% (seratus persen)

      Rabu, 07 November 2018

      KOMITMEN SMP NEGERI 2 SUKAGUMIWANG

       I.       KOMITMEN SMP NEGERI 2 SUKAGUMIWANG
      SMP NEGERI 2 SUKAGUMIWANG PROGRESIF
      “INOVATIF DALAM  PRETASI PENDIDIKAN”
      1.  PENAFSIRAN
      SMP Negeri 2 Sukagumiwang sebagai lembaga yang utuh dan bulat yang di dalamnya, terdiri dari bagian- bagian yang saling berkaitan sebagai satu kesatuan,yaitu :
      a.      Empat unsur warga sekolah : (1) Kepala Sekolah; (2) Guru; (3) Siswa; dan (4) Tenaga kependidikan
      b.      Lima Unsur Wawasan Wiyata Mandala : (1) Sekolah merupakan lingkungan pendidikan; (2) Wewenang dan tanggung   jawab   penuh    kepala       sekolah; (3)  Hubungan kerja sama antara guru dan orang tua siswa; (4) sikap warga sekolah terhadap martabat dan citra guru; (5) Sekolah harus bertumpu pada masyarakat sekitarnya
      c.      Tujuh unsur administrasi sekolah : (1) Administrasi kurikulum; (2) Kesiswaan; (3) ketenagaan; (4) Sarana; (5) Keuangan; (6) Persuratan dan kearsipan; (7)peran serta masyakat.
      Secara institusi semuanyaterikat untuk melaksanakjan kontrak yaitu peningkatan  mutu pendidikan dengan program religius inovatif atau SMP NEGERI 2 SUKAGUMIWANG PROGRESIF

      2.  INDIKATOR
      a.      SMP Negeri 2 Sukagumiwang berperan untuk mencerdaskan kehiduipan bangsa dan menumbuhkembangkan nilai-nilai budaya mencakup etika, logika, estetika dan praktika
      b.      Tercapainya tujuan pendidikan yaitu KBM kurikuler dan ekstrakurikuler yang efektif,administrasi sekolah terlaksana dengan baik, tertib serta rapih dan terwujudnya sekolah yang bersih, aman, tertib, indah, rindang serta nyaman
      c.      Sekolah memiliki makna sebagai tempat PBM, masyarakat belajar, dan proses pembudayaan kehidupan yang bebas ancaman

      II.       MOTO JUANG : PROGRESIF(PROGRAM RELIGIUS INOVATIF)
      Berarti Program Peningkatan Mutu SMP Negeri 2 Sukagumiwang Berdasarkan Nilai Religius Yang Berkembang Secara Inovatif dalam mewujudkan peserta didik Cerdas dan Kompetitif

      1.    PENAFSIRAN
      Adalah suatu tempat yaitu SMP Negeri 2 Sukagumiwang yang insyaallah selalu eksismemperjuangkan prestasi pendidikan didalamsistem sekolah dengan program-program inovatif yang yang berlandaskan politik, hukum,etika dan agama
      Semboyan Progresif bermakna pendidikan pada SMP Negeri 2 Sukagumiwang berkontribusi terhadap perkembangan dunia dan berprinsip maju terus pantang mundur berdasarkan kebaikan Allah SWT

      2.    INDIKATOR
      a.      SMP Negeri 2 Sukagumiwang memiliki dokumen/buku program jangka panjang, menengah dan pendek yaitu  dokumen Visi Misi, Renstra 10 Tahun, Renstra 4 Tahun (RPS),  RENOP, KAS, Kurikulum, UTS, UAS1, Bimbel, UN/US, UAS 2, PPDB, Kinerja terbaik dan Supnomev
      b.      Unit sekolah yang mengelola fungsi tertentu dan memiliki buku program yaitu Perpustakaan, Laboratorium IPA, Laboratorium Bahasa, OSIS, BK, koperasi, PASKIBRA, PRAMUKA, UKS/PMR, DKM/sosial, Kesenian/MB, OR, Wakasek Kuriulum/Sarpras/Kesiswaan/Humas dan Wali Kelas
      c.      Setiap personal guru dan staf administrasi memiliki buku program kerjanya,dalam rangka mewujudkan ketenagaan yang profesional dan bermartabat
      III.       VISI : TERCAPAINYA PRESTASI SISWA SMP NEGERI 2 SUKAGUMIWANG BERPRESTASI AMAT BAIK MELALUI PROSES PEMBELAJARAN PROGRESIF

      1.    PENAFSIRAN
      Adalah suatu lembaga pendidikan jalur formal jalur pendidikan dasar yang diselenggaran dengan sistem terbuka melalui tatap muka secara klasikal atau individual. Proses pembelajaran multidimensi dengan paradigma kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan hingga tercapainya tujuan hasil prestasi dasar kecerdasan , pengetahuan kepribadian, akhlak mulia, keterampilan hidup mandiri, dan pendidikan lebih lanjut minimal 85,0

      2.    INDIKATOR
      a.      Semua warga SMP Negeri 2 Sukagumiwang melakukan kerja  sesuai fungsi dan tanggung jawabnya melalui mekanisme kerja, alur kerja dan kerja sama terpadu.
      Integritas setiap warga sekolah berproduktifitas di dalam berkomunikasi, berinteraksi, berkreativitas dan berkultur budaya sekolah hingga teraihnya prestasi.
      b.      Tercapainya nilai KKM setiap mata pelajaran 85,0 (delapan puluh lima) oleh siswa.
      c.      Warga sekolah melaksanakan pelayanan publiknya kepada pelanggan primer (siswa), sekunder (pemerintah), dan tersier (masyarakat).
      1.     Tim manajemen Bos melaksanakan KAS SMP Negeri 2 Sukagumiwang.
      2.     Pendidik meksanakan peraturan penilaian hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Sukagumiwang
      3.     Guru dan TU melaksanakan peraturan Guru dan TU SMP Negeri 2 Sukagumiwang
      4.     Tim Progresif melaksakan tugas pengembangan SMP Negeri 2 Sukagumiwang
      5.     Rasio ketenagaan dan siswa dengan perbandingan 1 guru/20 siswa; 1 Tu/75 siswa; 1 pesuruh/150 siswa
      6.     Memiliki struktur organisasi sekolah komprehensif, baik makro maupun mikro
      7.     Pelaksanaan pembelajaran  satu ship (32x40 Menit)
      8.     Setiap warga sekolah melaksanakan kode etik SMP Negeri 2 Sukagumiwang
      9.     Melaksanakan pelayanan publik wajib dalam 37,5 jam kerja
      10.  Pelayanan publik tambahan adalah kegiatan sekolah diluar jam wajib kerja yang diatur dengan kebijakan internal SMP Negeri 2 Sukagumiwang

      IV.       MISI : SAPTA KARYA INOVATIF
      1.      MISI KESATU: MEMBANGUN KULTUR BUDAYA SEKOLAH BERKARAKTER RELIGIUS

      Dilaksakan dengan program :
      a.     Memfasilitasi tumbuhnya kepribadian warga SMP Negeri 2 Sukagumiwang yang jujur, ulet, energik, sopan, santun, ramah, partisipatif, ceria dan semangat
      b.     Membudayakan kehidupan sekolah dengan komnikasi interaktif yang bernuansa kasih sayang, cinta damai, berakhlak mulia/penolong, pemaaf, malu berbuat pekat, mendoakan baik, penyebar salam, etis dan demokratis
      c.      Melaksakan baca Qur’an dan berdo’a sebelum belajar, shalat dhuhur berjama’ah, majlis ta’lim jum’at dan sabtu, jum’at duha, sabtu bersih dan infaq shadaqoh di sekolah

      2.                                         MISI KEDUA : MENERAPKAN REGULASI SEKOLAH SESUAI DENGAN AZAS HUKUM, POLITIK DAN SOSIAL ETIK

      Dilaksanakan dengan program :
      a.     Menetapkan pembagian tugas pokok dan tugas tambahan bagi setiap pegawai SMP Negeri 2 Sukagumiwang
      b.     Mengesahkan dokumen sekolah berupa komitmen SMP Negeri 2 Sukagumiwang, motto juang, visi, misi, strategi dan tujuan SMP Negeri 2 Sukagumiwang serta penjelasannya
      c.     Menertibkan peraturan- peraturan sekolah :
      1)     Tata tertib guru dan Staf Administrasi
      2)     Tata tertib siswa
      3)     Tata tertib penggunaan fasilitas sekolah
      4)     Peraturan Akademik
      5)     Peraturan Guru dan TU SMP Negeri 2 Sukagumiwang
      6)     Perturan Kinerja terbaik I, II dan III waga sekolah
      7)     Perturan Mutasi, rotasi dan promosi
      8)     Kebijakan internal tentang konvensi dan ekuivalensi beban jam kerja tambahan (JTM) serta penghasilannya

      3.      MISI KETIGA : MENGEMBANGKAN KEBUTUHAN SARANA PRASARANA SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
                    
                     Dilaksanakan dengan program :
      a.      Memiliki ruang dengan luas minimal baku :
      1)     Ruang belajar teori/kelas, Perpustakaan, Laboratorium IPA, Laboratorium Bahasa, Laboratorium komputer/TIK, kesenian, keterampilan, sebaguna dan MGMP.
      2)     Ruang kantor : Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, Tata Usaha dan Tamu.
      3)     Ruang penunjang gudang, reproduksi, KM/WC guru/TU, KM/WC siswa, BK, UKS, PMR/PRAMUKA, OSIS. PASKIBRA,Ibadah/masjid, Ganti, koperasi, kantin, hall, parkir kendaraan, pos jaga, rumah penjaga dan teras/selasar
      b.      Memiliki rasio kebutuhan sarana pendidikan :
      1)     1 buku setiap MP    : 1 Siswa
      2)     1 Ruang Belajar      : 36 Siswa (18 Meja, 36 Kursi)
      3)     1 Komputer               : 5 Siswa; 5 pegawai
      4)     1 Laboratorium IPA : Alat Laboratorium lengkap
      5)     Instalasi daya listrik dan air bersih cukup
      c.       Memiliki sarana sekolah :
      1)     Luas tanah milik sekolah              :      ≥  10.000 m2
      2)     Luas lapangan upacara                :      ≥  600 m2
      3)     Luas lapangan olah raga              :      ≥  800 m2
      4)     Taman bermain/istirahat                :      ≥  2x200 m2
      5)     Kebun lingkungan praktek (SBL)       :          ≥  400 m2

      4.      MISI KEEMPAT : MEMFASILITASI INTEGRITAS PERSONAL DIDALAM SITEM SEKOLAH YANG INFORMATIF
                    

                     Dilaksanakan dengan program :
      a.     Melaksanakan rapat kerja rutin bulanan tentang bidang akademik dan non akademik untuk penyesuaian sistem sekolah terpadu yang berhubungan  dengan Job Description dan pelayanan kerja. Penguatan gairah kerja hasil dari penyesuaian persepsi bersama dengan memperhatikan faktor transparansi, aspiratif, partisipatif dan akuntabel
      b.     Melaksanakan kerangka sistem persaingan sehat antar personal, dengan saling mengobservasi, mengkonsolidasi dan mengprestasi terbaik untuk mencapai pelayanan publik optimal dan kepuasan bagi pelanggan primer, sekunder dan tersier
      c.      Membangun komitmen bersama berdasarkan Visi dan misi SMP Negeri 2 Sukagumiwang untuk memperkuat daya profesionalisme, kondusifisme  dan sinergisme dalam  pemecahan masalah persoalan konteks, input, proses, output dan outcome sekolah

      5.      MISI KELIMA : MENINGKATKAN KUALITAS PERSONAL YANG RELIGIUS, MAJU, MANDIRI DAN SEJAHTERA

      Dilaksanakan dengan program :
      a.  Pemberian penghargaan kepada setiap warga sekolah yang berprestasi terbaik berupa ucapan selamat, piagam/sertifikat, surat keputusan, promosi jabatan/pangkat berdasarkan peraturan yang berlaku
      b.  Membuka peluang berupaizin dan fasilitas kepada setiap pegawai untuk meningkatkan produktivitasnya, integritasnya, pelatihan, seminar, MGMP, majelis profesi dan baca buku ilmiah
      c.   Lomba karya tulis ilmiah berupa makalah, karya tulis, PTK, penelitian dan buku pelajaran bagi semua warga sekolah yang berpikir ilmiah dalam sikap ilmiah, proses ilmiah dan produk ilmiah

      6.      MISI KEENAM : MENINGKATKAN PROSES OPERASIONAL DAN KURIKULUM SEKOLAH SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN

                    Dilaksanakan dengan program :
      a.  Mengesahkan Kas SMP Negeri 2 Sukagumiwang
      b.  Mengesahkan RENOP SMP Negeri 2 Sukagumiwang
      c.   Mengesahkan Kurikulum SMP Negeri 2 Sukagumiwang

      7.      MISI KETUJUH : MENSOSIALISASIKAN PRESTASI HASIL PENDIDIKAN MENJADI MILIK PUBLIK

                    Dilaksanakan dengan program :
      a.  Mensosialisasikan melalui pertemuan rapat silaturahim dengan pihak orang tua siswa, laporan dinas dan pengumuman sekolah tentang keberhasilan naik/lulus dan melanjutkan 100%
      b.  Mengembangkan Imaji pada setiap personal bahwa dengan prestasi baik yang diraihnya maka menjadi otomatis berstatus sebagai manusia mandiri,manusia bernialai ekonomi tinggi dan manusia sejahtera serta diakui dan menjadi milik publik
      c.   Midset seseorang tentang prestasi hasil pendidikan memiliki ranah prestasi tingkat sekolah, tingkat kelas, masyarakat luas dan pribadi setiap orang yang pada muaranya adalah prestasi dari yang Maha Kuasa sampai dengan sejahtera akherat

      V.       STRATEGI : PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN PENGEVALUASIAN

           Penjelasannya :
      1.      Pengertian strategi adalah :
      a.     suatu urutan langkah-langkah prosedural yang dapat dipakai untuk mencapai hasil yang diinginkan oleh visi SMP Negeri 2 Sukagumiwang
      b.     sebagai pola dan tata urutan perilaku warga sekolah yang direncanakan untuk mengakomodasikan semua variabel unsur-unsur sekolah yang dianggap penting dilakukan secara sadar dan sitematis
      c.      perencanaan pendidikan progresivitas tentang bagaimana inovatif akan dikembangkan mencakupprogram, pelaksaan dan evaluasinya

      2.      Perencanaan adalah proses yang sitematis digunakan untuk mengembangkan program-program SMP Negeri 2 Sukagumiwang progresif. Perencaan progresivitas memproyeksikan kebijakan (arah tindakan yang diputuskan oleh pimpinan tertinggi,dalamsistem sekolah pemimpin adalah kepala sekolah atas nama visi misi sekolah ) dan kegiatannya (rincian langkah- langkah  operasional berupa aktivitas kerja); program adalah instrumen kebijakan yang berisi satu atau lebih kegiatan untuk mencapai tujuan
      3.      Pelaksanaan adalah kegiatan warga sekolah dalam mengelola pendidikan progresivitas untuk mewujudkan program(visi,misi) yang telah direncanakan dalam program perencanaan
      4.      Pengevaluasian adalah usaha untukmengukur atau memberikan penghargaan atas kemampuan real seseorang warga sekolah inklusif kemampuan nyata sestem sekolah/organisasi. kemampaun yang benar-benar menggambarkan tingkatan hasil yang diperoleh setelah pelaksanaan program dibandingkan dengan tolak ukur target pencapaian tujuan yang terprogram dalam perencanaannya.

      VI.       TUJUAN  : TUJUAN UMUM DAN TUJUAN KHUSUS

             Penjelasannya :
      1.    Tujuan merupakan keadaan ideal yang diinginkan pada akhir periode tertentu yang direncanakan dan telah dirumuskan pada visi SMP Negeri 2 Sukagumiwang, insyaallah
      2.    Tujuan umum merupakan hasil tindakan(upaya-upaya) dalam garis besar (makro).  Tindakan sebagai tujuan umum merupakan manifestasi dari program perencanaan  umum yang berawal dari rumusan-rumusan umum pada misi SMP Negeri 2 Sukagumiwang
      3.    Tujuan khusus merupakan hasil upaya-upaya  yang lebih spesifik dari program perencanaan pada strategi yang berawal dari rumusan-rumusan dengan mengalami penguraian- penguraian substantif misi SMP Negeri 2 Sukagumiwang

      Uraian tambahan penjelasan tujuan khusus yang detil akan diterbitkan surat edaran kebijakannya.