"Dirgahayu HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia "

Jumat, 16 Agustus 2024

Makna dan Filosofi Tema dan Logo HUT ke 79 RI 17 Agustus 2024

Makna dan Filosofi Tema dan Logo HUT ke 79 RI 17 Agustus 2024

Sumber : Tema, Logo, dan Panduan Identitas Visual Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024 (jatimprov.go.id)


Logo HUT RI ke-79 ini menggambarkan angka 79 yang sesuai dengan usia Indonesia dan digambar dengan bagian terpisah-pisah namun membentuk satu kesatuan yang melambangkan Indonesia sebagai negara kepulauan yang terintegrasi.

Tema HUT RI ke 79

Tema yang diusung untuk HUT RI ke-79 ini adalah ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’. Tema ini dipilih karena HUT RI ke-79 bertepatan dengan tiga momen penting bagi negara Indonesia yaitu penyambutan ibu kota baru di Ibu Kota Nusantara (IKN), momen pergantian presiden, serta menuju Indonesia Emas 2045.

Filosofi dan Makna Logo HUT RI ke-79

Logo HUT RI ke-79 di desain dengan angka 79 sesuai dengan usia Indonesia saat ini dengan tulisan ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’ di samping logo. Berdasarkan tema yang diangkat untuk HUT RI ke-79 tersebut, logo yang diciptakan mengandung makna bahwa Indonesia membutuhkan semangat baru dengan persatuan dan kesetaraan untuk mencapai segala tujuan. Selain itu, logo HUT RI ke-79 juga mengandung makna persatuan Nusantara yang berprinsip pada nilai-nilai luhur bangsa.

Logo HUT RI ke-79 digambarkan dengan karakter yang mengalir, saling terhubung, dan luwes yang menyiratkan rasa ramah dan dekat dengan masyarakat. Logo HUT RI ke-79 juga terdiri dari bagian yang repetitif dan terstruktur sehingga menambah sifat kokoh, seimbang, dan profesional dalam membangun negara. Adapun makna dibalik konsep visual dari logo HUT RI ke-79 sendiri diantaranya yaitu:

1. Negara kepulauan: Terbentuk dari bagian-bagian terpisah yang menggambarkan Indonesia sebagai negara kepulauan.

2. Lambang negara: Ujung angka 7 menyerupai paruh Garuda, lambang negara yang mengandung salah satu pilar kebangsaan, Pancasila, serta melambangkan kekuatan negara.

3. Pertumbuhan ekonomi: Angka 7 yang tampak seperti panah ke kanan atas melambangkan harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor guna memajukan ekonomi negara.

Baca Juga :

Dirgahayu HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia 

Makna dan Filosofi Tema dan Logo HUT ke 79 RI 17 Agustus 2024


4. Keberlanjutan: Lengkungan yang saling terhubung dari berbagai arah menggambarkan prinsip pembangunan yang berkelanjutan.

5. Ekonomi hijau: Bentuk dahan dan daun pada angka 9 melambangkan prinsip pembangunan yang berfokus pada ekonomi hijau, berharmoni dengan alam, dan menghargai akar budaya serta identitas.

6. Persatuan dan harapan: Kaki angka 7 dan 9 yang serupa membentuk dua tangan yang bersatu, melambangkan persatuan masyarakat Indonesia meskipun memiliki perbedaan pendapat.

7. Kesetaraan: Dua gelombang dengan arah yang sama di atas dan di bawah menggambarkan tujuan Indonesia untuk desentralisasi dan pemerataan pembangunan demi mencapai kesetaraan.

Logo HUT RI ke-79 ini memiliki beberapa filosofi yang diantaranya yaitu:

* Persatuan: Merupakan pondasi penting yang harus dicapai oleh Indonesia sebagai negara kepulauan.

* Kesetaraan: Salah satu tujuan negara yang dicapai melalui proses pembangunan di Indonesia.

* Nilai luhur: Pancasila sebagai prinsip dasar dan nilai-nilai penting Indonesia



Sumber Artikel :

Makna Dibalik Tema dan Logo HUT ke 79 RI 17 Agustus 2024 | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (uinjkt.ac.id)



 REKOMENDASI :

ABSEN ONLINE

AGENDA KEGIATAN AKHIR TAHUNPELAJARAN

APLIKASI RAPORT K-13

CALON PESERA UN/US

CONTOH PROGRAM

EKSTRAKURIKULER

INFO DAPODIK

INFORMASI UMUM

KEAGAMAAN

KEGIATAN UN/US

KESISWAAN

OSIS

PERANGKAT PEMBELAJARAN

PIP DAN BSM

PROFIL SEKOLAH

PROGRAM KERJA ADMINISTRASI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar